Selasa, 25 Desember 2012

Daftar-Calon-Presiden-2014

Jakarta – Bangganya membaca berita yang mengesankan dari figur kandidat Presiden RI 2014 yaitu Mantan Panglima TNI Jenderal (TNI) Endriartono Sutarto . Capres 2014 ini pernah menduduki jabatan penting sebagai Komisaris Utama di Pertamina. Namun Endriartono mundur dari jabatannya, karena Direksi Pertamina menaikkan harga LPG. Seperti apa ceritanya?

 

"Mengapa saya di Pertamina ke luar, karena saya melihat Pertamina sama sekali tidak melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat, walaupun dia PT yang profit oriented, tapi tidak semata-mata keuntungan yang dia cari. Sementara dia mengelola bahan yang sangat strategis untuk kepentingan rakyat," kata Endriartono mengawali ceritanya. Hal ini disampaikan Endriartono saat mengunjungi kantor detikcom di Jl Warung Buncit Raya No 75, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2012).

Saat itu Pertamina tengah memulai sosialisasi konversi BBM ke gas. Kala itu, harga gas LPG lebih murah dari harga minyak tanah yang sudah disubsidi pemerintah. "Kita melakukan konversi tapi kan yang dibagi gratis itu kan orang yang di bawah garis kemiskinan, tapi kan itu ada batasnya. Jadi yang dianggap di atas garis kemiskinan tidak mendapat gratis. Tapi kan kita harus meyakinkan mereka untuk konversi. Beli tabungnya itu kan tidak murah, lalu ada yang jual TV yang cuma 17 atau 14 inchi yang sudah tua dan satu-satunya hiburan, jual sepeda, utang, dan sebagainya," papar Endriartono.

Kemudian saat dia turun ke masyarakat meyakinkan perlunya konversi BBM, Direksi Pertamina malah menaikkan harga LPG. Padahal saat itu dia sedang membujuk dan meyakinkan masyarakat bahwa LPG lebih murah dari minyak tanah subsidi. "Tiba-tiba saat utangnya belum dilunasi, TV nya belum kembali, sepedanya belum kembali, terus Pertamina menaikkan harga LPG, marah dong saya. Karena sama saja saya menipu rakyat, karena mereka nggak peduli yang penting dapat keuntungan sebesar-besarnya," keluhnya.

"Rugi di LPG bukan berarti Pertamina rugi. Tapi kan itu bagian dari sumbangsih kita untuk kepentingan rakyat. Keuntungan kita masih sekian puluh miliar dikurangin kerugian LPG sekitar sekian ratus juta juga nggak ada artinya. Tapi dia nggak peduli, harus dinaikkan, begitu," lanjut Endriartono.

Endriartono menuturkan, para Direksi memang terus memacu keuntungan Pertamina, agar mereka mendapat peluang kenaikan gaji dan bonus.

"Dengan keuntungan sebesar-besarnya mereka bisa mengajukan bonus, mengajukan kenaikan gaji. Padahal gaji mereka sudah luar biasa besarnya. Saya terperanjat betul, dari Panglima TNI yang dapat Rp 17 juta kemudian jadi komisaris utama dapat sebesar itu, ketiban apa saya," ungkapnya.

Tak sepakat dengan putusan Direksi Pertamina, Endriartono pun memilih mundur. Dia tak bisa menerima alasan Direksi Pertamina menaikkan harga LPG.

"Detik-detik terakhir, akhirnya saya mengundurkan diri. Saya minta rapat BOD-BOC, komisaris dengan direksi. Saya marah-marah, saya katakan saya tidak paham dengan cara pikir Direksi, saya tanya apa alasannya, katanya alasannya cuma satu pak kita rugi. Saya tanya berapa ruginya? cuma berapa ratus juta. Keuntungan seluruhnya dari bisnis kita berapa? sekian belas triliun. Percaya nggak percaya ini penipuan terhadap rakyat. Saya bilang silakan rapat dilanjutkan, saya ke luar," kenang Endriartono.

Kini Endriartono bekerja sebagai komisaris utama di Bank Pundi. Dia membesarkan Bank UMKM yang dikembangkan oleh pengusaha Sandiaga Uno yang diakuisisi dari Bank yang hampir kolaps.

"Ya setelah sekian bulan saya kerja keras, ya nggak jelek-jelek amat dari yang saya dapat dari Pertamina. Meskipun awalnya dengan kerja keras karena ini Bank yang diambil alih dari Bank yang mau kolaps," pungkasnya.

 

Dari cerita ini cukup meyakinkan tokoh populer yang pernah mendampingi presiden RI kedua lengser tahun 1998.  Mari bersama kita galang pencalonan Endriartono Sutarto sebagai Presiden 2014. Sebagian besar analis menyatakan kalau sebaiknya sementara bagi tokoh tua,  diharapkan untuk tahu diri dan secara sadar mengundurkan diri dari bursa capres 2014. "Tokoh tua seharusnya mendisiplinkan diri untuk tak mau dinmunculkan sebagai capres atau cawapres,"

Sebelumnya, hasil survei SSS menempatkan calon presiden kandidat dari partai pendukung gubernur DKI Jakarta di urutan pertama dengan 25,8 persen dari 2.192 responden. Disusul mantan presiden wanita pertama Indonesia, lalu oleh eks wapres. Selanjutnya adalah ketua Partai berlambang beringin, Pemilik salah satu TV station. Dimanakah Jenderal Endriartono Sutarto, belum jelas karena Survei ini dilakukan di 163 kabupaten di 33 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan pada 14-24 Mei 2012 dengan metode survei stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 2.192 responden. Meski demikian Lima Tokoh Paling Berkualitas untuk Capres 2014 kompas dot com cukup berpengaruh berdasarkan opinion leader. Beberapa tokoh mudah namun mungkin kesandung kasus korupsi, ketua umum Partai Demokrat boleh jadi berani mengikuti pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia berikutnya yang akan  diselenggarakan  2014. capres-indonesia-2014  Hasil survei Sugeng Sarjadi Syndicate (SSS) menujukkan mayoritas kandidat capres masih dipenuhi muka lama. Diperlukan sosok muda yang tangguh berjiwa kepemimpinan kuat. POLLING CAPRES 2014 dalam pemilunews dot com, polling-capres-20 besar diharapkan menghasilkan tokoh yang berwibawa santun namun menguasai akar permasalahan bangsa seperti halnya Endriartono Sutarto yang terbukti dapat mencari solusi strategis dengan tepat dari sejak karirnya sebagai Komandan Pasukan UN di Irak dimana ia pernah dilamar sebagai Perwira UN. Capres Indonesia 2014 Pilihan "Rakyat Online": Yusril, Jokowi  cukup favorit dimana ia menempati urutan pertama peraih suara terbanyak dalam polling Capres Indonesia 2014 pilihan "Rakyat Online" perlu diwaspadai pula 3 Srikandi Akan Menjadi Capres 2014!

Versi Forbes dot com.  Gubernur DKI Jakarta terpilih dimungkinkan pula masuk bursa Capres 2014 Hasil Survey LSN' di Yahoo! News Indonesia. Kalau ia mampu secara cepat menanggulangi masalah Jakarta.

Wah seru ya pertarungan pilpres tahun 2014 mendatang. Semoga kandidat calon presiden RI 2014 Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto selalu diberi kekuatan dan mendapat dukungan lebih luas lagi dari masyarakat dalam rangka mewujudkan kembali masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dengan dilandasi ketakwaan kepada Allah SWT

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons